Sejarah Internet

  Internet adalah semacam jaringan yang mampu menghubungkan dengan jaringan informasi dunia dan masyarakat global.Internet merupakan jaringan computer yang di bentuk oleh Depertemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969,melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Researc Project Agency Network).Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Reseach Insitute,University of California,Santa Barbara,University of Utah,Dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969,dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

      Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua,yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” Baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti,universitas-unversitas.Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet,yang kemudian disederhanakan menjadi internet.
        Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.
     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

BTricks

BThemes

Download